Umrah New Year Story



(cerita ini agak berantakan, mggak terlalu akurat urutan kegiatan secara kronologis)
Umrah ada tujuan yang telah lama keluargaku nantikan. Akhirnya setelah beberapa tahun menunggu, akhirnya kami akan umrah juga untuk merayakan tahun baru 2019. Haha yes. Malah harus nyiapin barang-barang dari jauh-jauh hari karena ya pasti disana bakal balik bawa banyak oleh-oleh. Barangku nggak banyak dibawa tapi ya pasti ada yang nitip barang orang lain di tasku. This is fine.
9 jam perjalanan di pesawat Saudia Airline kebanyakan tidur sama makan.

Akhirnya sampai di Madinah juga, kebanyakan jamaah memang dari Indonesia jadi pedagang di sana setidaknya bisa Bahasa Indonesia. Spoiler, akhirnya mamaku nawar harga ke penjual arab. Ya Rabb. Why tho.

Ok, bersyukur aja udah nyampe di Hotel Millenium, hotel yang nggak jauh dari Masjid Nabawi, tingga sebrang jalan, jalan terus di bawah jajaran paying raksasa dan tinggal masuk dari salah satu gatenya, kalau masuk perempuan lewat paling belakang, laki-laki lewat samping. Masuk ke dalam langsung dicek tas sama penjaga lalu masuk ke masjid yang megah. Liat ke langit-langit, ada arsitekturnya simetris, memeang masjid ini tidak pernah sepi, 24 jam pasti ada yang sholat, tidur atau baca Al-Quran. Karena terlalu ramai, aku, mamaku sama adekku pasti cuman kebagian di paling belakang, tepat di depan jajaran galon air zam-zam.

Di bawah ada banyak toko-toko sama ada pasar Bin Dawud. Kita belanja beberapa makanan disana.

Beberapa hari kemudian,kita ziarah ke makam Nabi Muhammad lalu sholat di Rawdah (tempat kecil di bagian asli Masjid Nabawi dimana Nabi Muhammad shalat. Katanya disana doa bisa langsung dikabulin). Tapi resikonya sebagain jamaah Indonesia, kita dikasih giliran terakhir setelah jamaah Turki sama Arab (yang jumlahnya banyak banget sama badannya gede-gede) selesai shalat di Rawdah, Kenapa? Kata penjaga masjidnya, orang Indonesia itu nurut, sabar banget sama rapih, nggak ngedorong-dorong. Sementara orang timur tengah udah badannya bongsor, tinggi-tinggi trus suka nyelak barisan sama dorong-dorong nggak sabaran pula. Ini sebenarnya lebih parah di bagian Rawdah perempuan daripada laki-laki. Karena buat perempuan, waktu bukanya terbatas, saat tutup, Rawdah perempuan dipake buat shalat l5 waktu laki-laki. Sekali buka langsung diserbu deh. Bener-bener nggak adil emang, tapi pengunjungnya beribu-ribu sementara tempatnya cuman 26 meter persegi luasnya. Aku juga ngerti sih kenapa langsung dikerobotin, demi pahala mah apapun worth it dilakuin. Tapi please deh common sense masa nggak tertanam gitu. Akhirnya dapet kesempatan shalat sama sekitar jam 1. Gitu-gitu kanan kiri ada orang shalat sama usek-usekan mau lewat. Jangankan di Rawdah yang sempit, di bagian Masjid Nabawi yang lebih luas aja masih pada suka lewat tepat di depang orang shalat tuh orang timur tengah. Kalo di Indo sih lewat pinggir terus ke belakang, kan nggak ngeganggu orang shalat. Tapi ya akhirnya ini resiko pergi ke negara orang. DEAL WITH IT.

Di hari terakhir di Madinah kita ke museum Al-Quran lalu berangkat naik bis cari Miqat di Bir Ali. Niat umrah di bis lalu jangan ngelakuin larangannya sampai selesai umrah di Mekkah.
Kita sampai di Mekkah sekitar jam 8, terus makan sambil nungguin kamar sampai jam 10. Kita ke kamar yang jackpot, kamarku pemandangannya langsung Ka’bah. Cantik banget tho. Jam 11 kita langsung laksanain umrah. Selai juga sekitar jam 2-an. Sisanya di Mekkah normal aja, makan, ibadah, umrah kedua (buat mengumrahkan orang yang belum sempat sebelum meninggal), belanja sama Tawaf perpisahan jam 2 malah pada tanggal 1 Januari. YeEY SELESAI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Wisata Edukasi

Liburan Tahun Baru

LIBURAN NAIK KELAS